Ads 468x60px

Sabtu, 10 November 2012

TUGAS 4

MEMBUAT PROGRAM CHECKBOX

Kegunaan box pada aplikasinya:
  • Tool checkbox/checklist untuk memilih keahlian bahasa yang dikuasai.
  • Groupbox unutk menggabungkan pilihan bahasa
  • textbox untuk menampilkan bahasa yang dipilih
  • button "konfirm" untuk konfirmasi dan unutk menampilkan




Listing Program :

Public Class Form1
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles     Button1.Click
        Dim control As Windows.Forms.CheckBox
        TextBox1.Text = ""
        For Each control In Me.GroupBox1.Controls
            If control.Checked = True Then
                TextBox1.Text &= control.Text & ","
            End If
        Next
        TextBox1.Text = Microsoft.VisualBasic.Left(TextBox1.Text, Len(TextBox1.Text) - 1)
        End Sub

    Private Sub CheckBox7_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles CheckBox7.CheckedChanged
        Dim control As Windows.Forms.CheckBox
        TextBox1.Text = ""
      End Sub
     End Class


Lalu kita Run Programnya maka akan muncul seperti ini:



Kemudian kita coba checklist/centang pilihan kita hasilnya seperti ini:


lalu kita coba pilih semua maka akan nampak seperti ini:




MEMBUAT PROGRAM DENGAN RADIO BUTTON


Desain form seperti gambar dibawah ini:
















kemudian isikan listing program seperti dibawah ini


LISTING PROGRAM :
Public Class Form1

    Private Sub RbKawin_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles RbKawin.CheckedChanged
        TextBox1.Text = ""
        If RbPria.Checked = True Then
        Else
            TextBox1.Text &= "Suami"
        End If
        If RbWanita.Checked = True Then
        Else
            TextBox1.Text &= "Istri"
        End If
    End Sub
 
    Private Sub RbTdkwin_CheckedChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles RbTdkwin.CheckedChanged
        TextBox1.Text = ""
        If RbPria.Checked = True Then
        Else
            TextBox1.Text &= ""
        End If
        If RbWanita.Checked = True Then
        Else
            TextBox1.Text &= ""
        End If
    End Sub
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class


kemudian run program tersebut lalu akan muncul seperti ini:



















 MEMBUAT PROGRAM LISTBOX

 Buatlah form seperti ini:





 lalu ltuliskan listing programnya

LISTING PROGRAM


 Public Class Form1
    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Dim control As Windows.Forms.ListBox
        TextBox1.Text = TextBox1.Text
        TextBox1.Text = ListBox1.Items.Add(TextBox1.Text)
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        For bil = 1 To 10
            ListBox1.Items.Add(bil)
        Next
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Satu.Click
        ListBox1.Text = ListBox2.Items.Add(ListBox1.Text)
    End Sub

    Private Sub Bt_Beberapa_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Beberapa.Click
        ListBox1.SelectionMode = SelectionMode.MultiExtended
        Dim i, j As Integer
        j = ListBox1.Items.Count
        For i = 0 To j - 1
            Try
                ListBox2.Items.Add(ListBox1.Items(ListBox1.SelectedIndices(i)))
            Catch ex As Exception
                j -= 1
            End Try
        Next
    End Sub

    Private Sub Bt_Semua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Semua.Click
        ListBox1.SelectionMode = SelectionMode.MultiExtended

        Dim Jumlah As Integer = ListBox1.Items.Count
        For i = 0 To Jumlah - 1
            ListBox2.Items.Add(ListBox1.Items(i))
        Next
    End Sub

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Hapus_Satu.Click
        ListBox2.SelectionMode = SelectionMode.One

        ListBox2.Items.Remove(ListBox2.SelectedItem)
    End Sub

    Private Sub Bt_Hapus_Beberapa_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Hapus_Beberapa.Click
        ListBox2.SelectionMode = SelectionMode.MultiExtended
        Dim i, j As Integer
        j = ListBox2.Items.Count
        For i = 0 To j - 1
            Try
                ListBox2.Items.RemoveAt(ListBox2.SelectedIndex)
            Catch ex As Exception
                j -= 1
            End Try
        Next
    End Sub

    Private Sub Bt_Hapus_Semua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bt_Hapus_Semua.Click
        ListBox2.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
        Me.Close()
    End Sub
End Class



kemudian di RUN dan hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar