Ads 468x60px

Jumat, 13 Agustus 2010

PC Gaming VS Konsol






Selama ini orang menganggap bahwa game console seperti Playstation dan XBOX adalah sarana terbaik untuk bermain game, sementara fungsi game di PC hanyalah fungsi tambahan saja. Kebanyakan gamer juga masih menganggap bahwa game console mampu memberikan gambar yang lebih baik ketimbang PC.
Anggapan tersebut bisa saja benar jika PC yang mereka gunakan masih menggunakan videocard kacangan, yang praktis fungsinya tak berbeda jauh dengan PC di kantor camat yang praktis fungsinya hanya untuk mengetik dan internetan saja.

Sebenarnya semenjak tahun 2003 (tepatnya di era Geforce 4), perkembangan teknologi videocard untuk PC sudah jauh diatas kemampuan chip grafis yang digunakan oleh game console terbaik saat itu.
Playstation2 dan XBOX (generasi pertama), saat itu memiliki kinerja yang masih dibawah Geforce4 Ti 4200. Memang harus diakui bahwa harga videocard Geforce4 tipe tersebut saat itu masih lebih mahal daripada harga sebuah Playstation2. Hal itulah yang menyebabkan bermain game di PC dianggap sebagai hal yang mewah dan dianggap lebih menghabiskan biaya ketimbang bermain game di PC.

tujuh tahun telah berlalu dan kini game console telah menjelma pula menjadi barang mewah. XBOX telah berevolusi menjadi XBOX 360 yang kini harga jualnya sekitar 4 juta, dan Playstation2 juga telah alih generasi menjadi Playstation 3 yang dibandrol dengan harga 4 juta lebih. Bila dulu harga game console lebih murah daripada sebuah PC biasa, kini harga sebuah game console lebih mahal daripada PC biasa bahkan notebook.
Banyak pecinta game console berpendapat harga tersebut pantas karena mereka mengangggap bahwa XBOX 360 dan Playstation3 adalah sarana bermain game yang memiliki tampilan grafis terbaik saat ini.
Ini adalah anggapan yang salah besar, dan ini disebabkan karena para consoole mania tersebut terlaku lama melotot didepan TV bersama game console kesayanganya hingga tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini.
Hingga detik ini, PC masih tetap merupakan perangkat bermain game gaming yang lebih canggih dibanding game console terbaru sekalipun.
Secara logika akal sehat saja, mustahil sebuah PC kalah canggih dibanding game console, karena semua game console diciptakan di PC.

Saat ini, teknologi videocard untuk PC lagi-lagi telah jauh diatas kecanggihan teknologi game console terbaru. Seri videocard Geforce yang 7 tahun lalu masih seri ke 4, kini telah memasuki seri ke 4XX, yaitu Geforce GTX460 dan Radeon 5000 series.
radeon 5000 series termurah dan bertenaga, yaitu radeon hd 5770(kisaran 1,5-1,7k) memiliki teknologi & kinerja yang jauh diatas XBOX 360 dan Sony Playstation3. Namun harga videocard tersebut bahkan lebih murah dibanding harga Playstation3 dan XBOX 360.

Sebuah Gaming PC berbasis prosesor kuat minimal (Core2 Duo/Phenom X2) dan menggunakan generasi videocard terkini (Geforce GTX 460/HD 5770) saat ini harga VGA tersebut lebih murah dari sebuah harga XBOX 360, namun Gaming PC tersebut memiliki fungsi yang 7X lebih banyak dibanding sebuah game console. Dan perlu diingat bahwa tampilan game di Gaming PC tersebut jauh lebih baik dibanding di XBOX 360.

Dalam hal fitur, spesifikasi Gaming PC juga jauh lebih unggul dibanding XBOX 360. Tidak ada satupun fitur XBOX 360 yang tidak bisa dimiliki sebuah PC.

Dari sisi daya tahan, XBOX 360 juga terkenal ringkih dan tidak tahan panas(RROD). Selain itu game console ini juga terkenal rawan rusak karena ketidakstabilan arus listrik dan putusnya arus listrik secara mendadak. Oleh karena itu UPS (yang harganya sekitar 500 ribu) mutlak diperlukan bila anda tidak ingin XBOX 360 anda rusak dalam hitungan hari.

Sifat XBOX 360 yang gampang rusak ini diperparah lagi dengan tidak adanya garansi untuk XBOX 360 yang harganya tidak murah tersebut. Jadi anda seolah untung-untungan dan mengambil resiko menghamburkan uang senilai 4 juta rupiah.
Bila sampai rusak, tentu saja resiko jelas harus ditanggung sendiri, dan nantinya anda juga akan tahu bahwa biaya servis XBOX 360 tidaklah murah.
Ini berbeda dengan Gaming PC yang semua komponennya memiliki garansi 1-3 tahun. Bahkan beberapa komponen memliki garansi seumur hidup.
Perlu diketahui bahwa di industri barang elektronik, barang yang garansinya paling baik adalah PC. Beberapa konmponen PC dikenal memiiki garansi replace (ganti baru) dan lifetime (seumur hidup), sesuatu yang jarang ada di barang elektronik lain.
Semua XBOX 360 yang beredar di Indonesia tidak ada garansinya karena semuanya telah dimodifkasi agar bisa menerima DVD bajakan. Hal ini tentu berbeda dengan PC yang masih saja tetap bergaransi sekalipun dimodifikasi.

Para pengguna game console semenjak dulu juga kerap dipusingkan dengan penyakit "optik lemah". Sangat banyak pengguna Playstation2 yang menjadi pasien abadi tempat servis karena masalah penyakit optik yang satu ini. Hal seperti ini juga tidak mustahil akan menimpa pengguna XBOX 360. Sedangkan pengguna PC jarang sekali mengeluhkan problem seperti itu. Kalaupun terjadi, cukup tinggal ganti dengan DVDRW drive baru yang kini harganya cuma 300 ribuan saja. Sementara bagi pengguna XBOX 360, silahkan cek sendiri betapa mahalnya harga DVDROM XBOX 360. Bahkan harganya masih jauh lebih mahal daripada harga DVDRW drive untuk PC.
Bagi pengguna Playstation 3, silahkan bayangkan betapa mahalanya biaya yang harus mereka keluarkan andaikan Blu-Ray Drive mereka sampai mengidap penyakit "optik lemah". Karena hal itulah game console terkenal sebagai barang yang biaya perawatannya jauh lebih mahal daripada PC.

Banyak orang berpikir bahwa dengan memiliki XBOX 360 akan lebih hemat karena cukup memerlukan TV saja. Perlu diketahui bahwa tampilan game di XBOX 360 akan terlihat kurang bagus jika masih menggunakan layar TV biasa, oleh karena itu pada akhirnya anda juga harus membeli converter VGA seharga 500 ribu dan sebuah monitor PC. Atau bila ingin lebih optimal lagi maka anda harus membeli HDTV yang harganya diatas 5 juta.

Ini berarti selain dari harga dasar XBOX 360 yang 4 jutaan itu, anda harus mengeluarkan biaya extra lagi sebesar 1 juta untuk membeli UPS dan VGA adaptor.
Namun dengan penambahan biaya extra seperti itupun tampilan grafisnya juga masih belum mengalahkan Gaming PC yang harganya sudah mulai terpaut sedikit dengan harga XBOX 360 plus UPS dan VGA adaptor.
Salah satu faktor yang membuat tampilan game XBOX 360 terlihat kalah tajam dibanding PC adalah karena resolusi native game XBOX 360 hanya 720p saja, padahal para PC gamer umumnya bermain di resolusi 1280x1024 (minimal 1024x768),bahkan sekarang ini pc gamer sudah banyak yang menikmati reolusi 1080p(1920x1080).

perbandingan chip grafis yang digunakan pada Gaming PC dan game console, terlihat bahwa Playstation3 sebenarnya masih mengandalkan chip grafis G70 yang tak lain adalah adalah chip grafis jadul yang ada pada videocard lawas Geforce 7800GTX.

XBOX 360 jelas terlihat lebih unggul dibanding Playstation3 karena chip grafis pada game console lansiran Microsoft ini telah mengadopsi teknologi unified shader. Namun perlu diingat bahwa chip grafis ATI Xenos yang digunakan pada XBOX 360 adalah chip grafis unified shader era lawas, yang masih mengandalkan jumlah unified shader sebanyak 48 saja. Sedangkan Geforce GTX 460 telah menggunakan 336 unified shader dan radeon hd 5770 menggunakan (160x5)unified shader, Ini menandakan bahwa game console tercanggih saat ini ternyata menggunakan teknologi chip grafis yang telah usang di PC.
Keunggulan yang dimiliki Geforce GTX460 dan HD 5770(lebih murah) tersebut memungkinkan tampilan game terlihat lebih bagus dibanding di XBOX 360 dan Playstation3.
Geforce hd 5770 dan GTX460 juga merupakan videocard yang sangat bertenaga sehingga game akan berjalan lancar sama seperti di game console.

Karena teknologi chip grafis Playstation3 tergolong lebih purba dibanding XBOX 360 (dan tentu saja tampilan gambarnya lebih jelek lagi), maka pada artikel ini cukup diperbandingkan antara PC dan XBOX 360 saja. Karena XBOX 360 adalah game console yang teknologinya lebih canggih daripada Playstation3.

Bila anda bertanya kenapa Sony Playstation3 yang lebih purba itu ternyata dijual lebih mahal daripada XBOX 360. Jawabanya adalah: Karena Sony adalah perusahaan yang tidak mau menjual barang dengan profit tipis. Kalaupun Sony punya produk sandal jepit, harganya pasti dijual lebih mahal daripada sepatu Bata.


blog ini tidak menjelek-jelekan konsol akan tetapi berdasarkan kenyataan yang ada. ^^V.

dan ada beberapa game yang buruk di pc contohnya:Fifa09,fifa10. game ini dibuat bagus di konsol untuk menambah daya tarik konsol 9padahal pc jauh lebih bagus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar